perkembangan teknologi pada abad ke-20

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA ABAD KE-20
Setelah abad ke-18 banyak hasil-hasil perkembangan teknologi yang penting dan kemudian dikembangkan lebih lanjut dan disempurnnakan hingga mencapai bentuk serta sistem kerjanya yang modern. Dalam abad ke-20 perkembangan teknologi menjadi lebih canggih dan cepat berubah sehingga umur sebuah komoditas menjadi lebih canggih dan cepat berubah sehingga umur sebuah komoditas hasil teknologi menjadi semakin pendek. Sebagai contoh ialah computer. Perkembangan sebuah computer dalam waktu beberapa bulan saja telah ada generasi berikutnya yang mempunyai kemampuan lebih besar lagi.
a.       Sinar laser
Kata sinar laser ialah akronim atau kependekan dari “Light amplication by stimulated emission of radition” ( penguatan cahaya melalui emisi radiasi yang dirangsang). Sinar Laser banyak digunakan dalam dunia kedokteran sebagai alat pemotong dalam operasi mikro. Teori dasarnya telah dikemukakan oleh Albert Einstein (1879-1955) pada tahun 1917. Pada tahun 1951 seorang ahli fisika Amerika melakukan eksperimen dengan menggunakan gelombang mikro sebagai energy yang diperkuat.
b.      Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Reaksi nuklir pertama yang telah dilakukan seara berkesinambungan terjadi pada tahun 1942. Setelah digunakan sebagai senjata berupa bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki energy nuklir digunakan menjadi sumber listrik.
c.       Serat optic
Serat optic mempunyai keistimewaan yaitu dapat membengkokan  jalannya cahaya. Sebagaimana kita ketahui gelombang cahaya itu bergerak dalam  satu garis lurus. Serat optic adalah berupa kaca yang bersifat fleksibel atau filament plastic transparan yang memancarkan cahaya melalui serangakain pantulan internal.
d.      Satelit komunikasi

Alat ini amat penting dalam kehidupn kita karena telah membuat komikasi global menjadi suatu hal yang wajar dan murah. Siaran televisi dan radio dewasa ini dilakukan melalui satelit ini yang merupakkan jaringan satelit raksasa yang berada dalam orbit geostasioner di sekitar bumi. Satelit pertama diluncurkan pada tahun 1957. Beberapa tahun kemudian baik Soviet  maupun Amerika meluncurkan satelit komunikasi militer. Pada tahun 1962 NASA telah meluncurkan satelit komunikasi komersial pertama yakni Telstar I.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Sains Pertanian

perkembangan sains modern